Etika kampus dan media digital

 

Hai teman – teman, kembali lagi bersama saya Rinanda rahma aulia, Nah di blog kali ini saya ingin memberi informasi dan menjelaska suatu artikel dengan materi Etika kampus dan bermedia sosial. Nah sebelumnya saya mau tanya dulu nih, ada yang tau ga, apa sih sebenarnya pengertian dari etika itu sendiri?. Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral atau akhlak dari kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak nilai mengenai nilai benar dan salah, yang dianut suatu golongan atau masyarakat. Jadi itulah pengertian singkat dari Etika. Etika itu sendiri harus dan wajib di miliki oleh setiap orang di manapun dan kapanpun, dan setiap orang tua dan guru juga wajib mengajarkan kepada anak – anaknya untuk menerapkan etika yang baik. Lalu,, apa sih hubungannya etika dengan mahasiswa di kampus?. Hubungan etika dengan mahasiswa sangat erat kaitanya, karena dengan etika mampu mengontrol mahasiswa-mahasiswa sehingga tidak melakukan hal-hal yang mampu merugikan banyak pihak. Contohnya, etika mampu menjadi kontrol ketika mahasiswa berdemostrasi sehingga tidak melakukan anarkis. Etika itu sendiri mencerminkan diri untuk setiap mahasiswanya, jadi kita harus menerapkan etika yang baik. Nah lalu, apa sih hubungannya etika dengan media digital?. Pemikiran dan praktik etika di masyarakat yang berkaitan dengan komunikasi, interaksi sosial, perilaku media massa, dan opini publik diharapkan dapat mencerminkan ikatan normatif religius. Untuk menghadapi era yang penuh dengan tantangan kompleks seperti saat ini karena majunya dunia teknologi, informasi, dan komunikasi, sudah seharusnya etika harus dijaga dan terus diupayakan eksistensinya. Hal ini terkait dengan pemahaman pengguna media digital tentang penggunaan media digital tersebut secara positif dan bertanggung jawab, disertai dengan cara berkomunikasi secara daring dengan aman. Pelaksanaan etika yang ada dalam penggunaan media digital dilakukan secara bertanggung jawab. Untuk itu diperlukan kemampuan menyaring, memilah informasi, dan mengakses konten positif dalam penggunaan media digital. Berkomitmen pada etika komunikasi
Etika merupakan prinsip-prinsip yang diterima untuk mengatur perilaku dalam masyarakat. Tidak semua orang dalam suatu masyarakat sepakat dengan perilaku etis. Karena itu, sebelum mengatakan atau menyampaikan sesuatu kepada orang lain, kita memiliki tanggung jawab untuk memikirikan apa yang akan disampaikan dan konsekuesinya. Di atas permukaan, kita dengan mudah mengenali berbagai perilaku yang etis, namun memutuskan apa yang etis dalam suatu situasi yang kompleks merupakan tantangan tersendiri. Menggunakan media komunikasi secara proporsional, menggunakan media komunikasi secara produktif, Berhati-hati dalam menyampaikan informasi, Menghormati privasi orang lain, Memaafkan kesalahan orang lain, Jangan menyalahgunakan kekuasaan, Jangan terpancing dalam berkomunikasi dengan keadaan lansung maupun tidak langsung, Mengirim dan menerima pesan tanpa memberikan penilaian,. Mengirim pesan secara jujur, menunjukan rasa hormat terhadap adanya perbedaan budaya, Berhati-hati dengan bahasa tubuh dalam komunikasi, Bersikap sabar, Memperlakukan orang lain secara manusiawi, Berbagi informasi yang bermanfaat. Mempelajari etika dalam penggunaan media komunikasi dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya. Kita dapat mengetahui dan memahami makna etika, kita dapat mengetahui dan memahami tentang media komunikasi dan kita dapat mengetahui dan memahami etika dalam penggunaan media komunikasi. Nah sekita penjelasan mengenai artikel demgan materi etika kampus dan media digital yang wajib dimiliki dan di tanamkan oleh setiap orang.

Kelompok 29
Mentor :
• M Aditya Irawan
• Haura Khansa Fadhilah
Koordinator Divisi Mentor :
• Muhamad Rizky Nugraha
Penanggung Jawab :
1. Rahma Anjani Khalid
2. Wiedhy R. A.
#Widyatama #Mahasiswa #Bandung #Prestasi #GenerasiUtama

Print Friendly, PDF & Email